KELAHIRAN DAN KEMATIAN BINTANG

Kelahiran Bintang

Galaksi Orion Nebulae, mempunyai sisi keibuan ! Tempat lahir bintang. Ada bahan “Halo” , campuran debu dan gas, disekelilingnya; Gugusan ini awal planet bumi yang mulai terbentuk, mungkin planet bumi lain sedang terbentuk. Di Nebulae Eagle juga tempat penetasan bintang, bintang bintang muda di inkubasi. Tiap embrio bintang dikelilingi telur pelindung gas dan debu; Telur telur ini memberi makanan pada bintang yang tumbuh. Jika bobot cukup, terpicu reaksi untuk kelahirannya , namun tak semuanya menetas. Di bagian ujung puncak Eagle terdapat gas menebal, bintang itu. Saat melihat proses tentang pembentukan bintang, proses pembentukan unsur dan pelepasan kembali ke antariksa; Sama dengan melihat rute ekstrim kita; Bintang lahir … dan akhirnya mati ! Bintang mempunyai siklus kehidupan seperi manusia.

Kecebong; Bintang yang sekarat kadang meninggalkan tanda tangan yang aneh … semprotan dan menjadi kecebong kecebong di dalam kolam galaktik … yang akan menjadi kelahiran planet planet yang berkeliaran!

Kematian Bintang

Bintang mempunyai siklus kehidupan, dan siapa, apapun yang hidup tentu akan mati! Kematian bintang, prognosis -nya, saat itu terjadi kulit luar bintang terkelupas dan menjadi semacam materi; Bintang bisa menjadi bintang netron, tetapi bintang ini meledak dahulu yang dinamakan supernova …. mempertinggi sinarnya 1 milyard kali. Bintang yang sekarat kadang meninggalkan tanda mata yang aneh ….kecebong yang menjadi planet tanpa arah dan berkeliaran. Tetapi bintang terbesar mengalami takdir teraneh; Berubah menjadi lubang hitam. Hubble memotret yang mungkin pandangan pertama fenomena ini. Lubang hitam terbentuk saat bintang besar runtuh ! Gaya gaya inti sudah tidak kuat menopangnya lagi. Dengan daya tarik yang begitu besar hingga menciptakan efek pusaran; menghisap semuanya ke dalam. Obyek di dalam hancur menjadi kecil. Tapi bermassa lebih dari mutlak. Tak ada yang bisa lolos dari lubang hitam, bahkan cahaya ! Lubang hitam mengintai di jantung beberapa galaksi tertentu.

Terdapat institusi yang memiliki program untuk menyelidiki pusat galaksi elektrik ….. menemukan debu indah …. mereka melihat langsung gambar klasik lubang hitam di pusat galaksi. Ford, menemukan inti galaksi berputar dengan kecepatan tinggi; Seharusnya galaksi tersebut hancur karena pusat berputar begitu cepat; Sesuatu menjangkarnya; Hubble juga memotret ini semua, 1. Putaran mula, 2. Lebih kencang 3. Tercepat hingga 4. Keluar semburan bunga api , dan saintis berpendapat ini merupakan bunga api yang keluar dari dalam/ pusat lubang hitam yang cipratannya sepanjang 40 000 juta tahun cahaya; 5. Benda hitam menyedot semuanya – bahkan sinar 6. Tersedot tuntas dan benda hitam tanpa sinar tak tertangkap oleh Hubble …. kamera menangkap hitam pekat !! Hubble tak hanya melihat kembali kelahiran galaksi; Tapi mungkin juga hari kelahiran terbesar kelahiran semesta; Ia lakukan dengan menyediakan data jarak bumi ke galaksi lain. Dan kecepatan galaksi itu bergerak menjauh. Edwin Hubble meramu formula ini untuk mencari tahun kapan ledakan besar terjadi …..

Tetapi kenapa astronom ingin tahu? Dokter kita perlu menanyakan umur pasien agar diagnose tak salah; Sama astronom perlu mengetahui umur semesta; Astronom pernah yakin umur semesta setidaknya 15 milyard tahun; Hubble menunjukkan data aneh; Semesta ternyata lebih muda dari perkiraan, 8 – 12 milyard tahun. Lebih muda dari sebagian bintang tua seperti ini. Angka angkanya tak tepat. Ini, bisa disebut paradoks. Bagaimana bisa punya putri yang lebih tua dari ibu ? Ini masalah besar dalam kosmologi yang masih tak faham akibat ledakan besar.

Tak berarti ledakan besar salah, tetapi memang belum dipahami seutuhnya. Atau karena belum memahami yang lebih mendasar. Apa yang terjadi jika Hubble diarahkan sedalam mungkin? …. mungkin banyaknya jumlah galaksi yang terlihat lebih menakjubkan. Terdapat foto terjauh jagat raya yang pernah dipotret teleskop! Para ilmuwan menamainya Hubble Deep Field. (Foto yang berisi galaksi galaksi saja) Tiap titik kecil adalah galaksi berisi milyaran bintang. Ada lebih dari 1500 galaksi di foto tersebut. Permainannya adalah menemukan cara untuk mengungkap foto tersebut; Menemukan apa yang jauh dan dekat. Karena tak hanya ingin meneliti galaksi karena jauh. Tapi karena melihat ke masa lalu …. membuat pikiran tentang fisi terowongan dalam bentuk paling ekstrim.

About these ads

Tentang muhammadarif66

ITB Teknik Mesin 1986
Tulisan ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s